tentang kungfu dan rekayasa dan judul yang gak nyambung

"Gundul, Wahaha ada tuyul... TUYUL... Tuyul" dan mereka berlari menjauh dariku seperti ketakutan, seseram itukah mukaku? itulah yang di teriakkan oleh anak-anak tetanggaku ketika pertama kali melihatku gundul-botak atau apalah ini sehabis potong rambut, dan asal kau tahu saja, sebenarnya anak-anak itu juga seperti tuyul, jadi mereka tuyul teriak tuyul, itu kesannya anak-anak itu seperti tuyul yang bingung akan jati dirinya sebagai tuyul.


Yang lebih parahnya lagi, anak-anak kecil ini botak karena: memotong rambut mereka sendiri secara bergantian, sehingga rambutnya jadi abstrak, kemudian ayahnya marah-marah dan membotaki mereka, dan karena badan mereka yang kecil mereka benar-benar tampak seperti tuyul yang dulu hilang. Parahnya lagi salah satu dari mereka, jidatnya lebar menonjol tidak rata dan melenceng ke kanan (atau ke kiri ya? Aku lupa), itu benar-benar membuatmu tertawa ketika kau benar-benar melihatnya secara langsung, apalagi ketika ilernya menetes seperti air yang menetes dari stalaktit.

Ya, tapi benar, kini aku menggunduli rambutku, dan rasanya agak enak, lebih enteng, karena sebelumnya rambutku seperti rambut singa yang tak bercukur selama beberapa bulan, dan singa memang tak pernah bercukur.

Rambut botak membuatku ingat beberapa hal, dulu waktu SMP aku juga pernah botak dan teman-temanku menjulukiku sebagai tuyul milenium dan pe'anya entah kenapa  dulu aku sangat bangga sekali mendapat julukan itu, dan terkadang mereka juga tak segan meludahiku, dan aku juga bangga akan hal ini, enggak lah.

Waktu SMA juga pernah gundul, dan sebenarnya itu terpaksa, karena di suruh guru, guru menyuruh kami untuk memotong rambut kami dan kami memberikan alasan-alasan  seperti: "Maaf bu ini gak boleh di potong, ini tuntutan peran" "maaf pak ini gak boleh di potong, ini rambut sintetis" "maaf pak, saya gak bisa, ini properti shooting" "maaf pak rambut saya gak bisa di potong, mau buat shooting di lapangan futsal, saya sebagai bolanya" entah kenapa alasan itu berfungsi ketika di gunakan temanku, tetapi tidak ketika aku gunakan, dan aku memotongnya, aku gambari rambutku, ayahku marah dan kemudian membotakiku dengan paksa. Tamat.

Botakku kali ini juga tak terlalu ekstrim, masih ada sisa rambutnya, walaupun pendek, ya pokoknya gak seperti Aang lah.

Ketika aku ditanya teman kenapa memotong rambutku aku menjawab, "Kawan, Nickledeon mau buat film sekuel dari The Last Airbender, judulnya The Legend From Earthnation, dan mereka membutuhkan pemeran Aang, mereka ngadain casting online via Youtube, jadi aku mau ikutan, siapa tahu ketrima dan aku bisa menjadi aktor film Hollywood. Apa kau mau minta tanda tanganku?" Yeah. Tapi aku yakin mereka tak paham apa yang aku katakan. Aku sendiri juga tak tahu apakah yang memproduksi film The Last Airbender itu Nickledeon atau bukan, setahuku kartunya dari Nickledeon.

Ya, setidaknya jawaban karangan itu bisa aku buat alasan. Dan kalaupun memang ada mungkin aku akan benar-benar ikutan, aku akan membotaki rambutku secara sempurna, benar-benar botak sampai seperti Aang, aku berlatih kungfu shaolin dan aku benar-benar jadi Avatar. Bravo.

Padahal ada sebuah tragedi dibalik semua ini, aku akan menceritakannya dengan singkat, kemarin aku potong rambut dan langsung masuk ke salon meninggalkan motorku dengan kunci motor yang masih menempel di tempatnya. Dengan santai aku meminta potongan yang biasa seperti anak jaman sekarang.

Tapi saat tengah proses memotong rambut aku ingat kalau kunci motorku ketinggalan dan aku bilang kepada tukang cukur, sepertinya dia masih konsentrasi dengan rambutku dan mengabaikanku, tapi setelah itu dia bilang "gakpapa mas, aman..." berhenti sejenak "Waduh. Yang belakang jadi gini" ternyata orang ini tadi menengok keluar sambil mesin itu terus bekerja memotong rambutku.

Ya, jadi daripada sudah terlanjur maka akhirnya aku biarkan saja orang ini menggunduliku.

Setidaknya ini keren dan katanya sekarang lagi ngetren di kalangan biksu shaolin di China sana, daripada aku gondrong seperti anak boyband Korea, bedanya orang Korea gondrongnya bagus, sementara aku, aku seperti sebuah pentol korek yang sudah hangus dipakai.

Aku juga bingung bagaimana rambut orang Korea bisa seperti itu terus, ini semua masih menjadi misteri. Apakah jangan-jangan mereka sebenarnya botak, dan rambut itu hanyalah sebuah topi belaka, bukan rambut palsu, tapi sebuah topi yang di buat dari silikon membentuk rambut, dan mereka merekatkannya ke kepala mereka dengan lem, sehingga di buat gerak gimanapun akan tetap seperti itu.


Dan saat aku menulis ini, aku sedang tidak enak badan, aku terserang demam, rasanya gak enak banget buat apa-apa susah. Aku gak tahu apa penyebab demam ini, yang pasti sepertinya bukan karena wasabi facial foam yang aku coba untuk makan. 

Komentar

  1. Wihhh udah mirip raditya dika nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa setuju Mbak.... hehehehe :)

      Hapus
    2. terimakasih terimakasih... ini hinaan atau apa ya?

      Hapus
  2. Saya juga gaya rambutnya botak Muhai botak abis, kayak Vin Diesel pokonya, wkwkwkwkwkw :)

    BalasHapus
  3. Duh keinget zaman gue mau daftar AHM harus botak dulu...
    Wkwkwk irit shampoo tuh....
    Lumayan....

    BalasHapus
  4. Duh keinget zaman gue mau daftar AHM harus botak dulu...
    Wkwkwk irit shampoo tuh....
    Lumayan....

    BalasHapus
  5. Ai cieee... yang rambutnya hampir botak.. BTW jadi keliatan lebih terang wajahnya.. #Uhuk

    Mau ikutan casting? Aku tunggu filmnya.. XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. apaan , itu foto pas abis kepanasan makanya kayak aneh gitu

      aku udah ada film indie, cari aja di arsipku

      Hapus
    2. Gak enggak, udah bagus itu.. :-)

      Iya, ntar kalo lagi pengen mau tau.. :p hahaha

      Hapus
  6. Nyahaha jadi Tuyul Milenium lagi :v

    BalasHapus
  7. Huahahaa casting pemeran Aang. Leh uga u. :'D

    Itu anak kecilnya parah amat. Hahaa jidatnya sampe kemana mana. Ngakak gue.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah sayangnya gak ada...

      iya , tunggu sampai kau melihatnya secara langsung pasti akan ngakak

      Hapus
  8. wasabi special foam buat cuci muka keleus..... -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya begitulah dan entah kenapa aku coba memakannya

      Hapus
  9. Lebih fressh n hemat shampo dunk gegek

    BalasHapus
  10. Hahaha.. semoga cepet sembuh ya. Itu efek digunduli mungkin penyakitnya pada rontok. #eaaa

    BalasHapus

Posting Komentar

"Berkomentarlah." begitu kata Jackh Linborginh